Cara Menghemat Batrei Hape Android

Sabtu, 01 Februari 2014

Android kamu boros batrei? bikin jengkel? dikit2 harus ngecharge? berikut Tips dan Trik buat menghemat batrei android kamu.. Secara umum penyebab android boros batrei adalah pemakaian aplikasi yang banyak yang secara tidak terlihat berjalan di background. Berikut tips nya :


1.      Matikan sinyal radio seperti WIFI dan Bluetooth

Sekarang banyak sekali tempat-tempat yang sudah terpasang Hostpot sehingga untuk terkoneksi ke internet kita hanya perlu mengaktifkan WIFI yang ada di smartphone kita. Hal tersebut kadang lupa atau seringkali kita aktifkan terus menerus WIFI-nya karena agar bisa mendeteksi keberadaan hostpot di suatu daerah itu ada atau tidak ada sehingga mengakibatkan baterai pun terkuras untuk mencari sinyal WIFI.

Fitur Bluetooth usahakan gunakan seperlunya seperti transfer data yang hanya membutuhkan transfer beberapa menit dan jika file yang di transfer besar usahakan tidak menggunakan fitur Bluetooth untuk mengirim suatu data. Oleh karena itu matikanlah fitur-fitur tersebut yang ada di Setting--Wireless and Networks. Dan nyalakan pada saat yang diperlukan saja.



2.      Matikan jaringan 3G, gunakan hanya jaringan 2G

Jika kita menggunakan untuk browsing maka gunakanlah jaringan 3G agar browsing terasa cepat dan sinyal lebih mudah menagkap dan jika sedang tidak menggunakan apa-apa usahakan gunakan hanya jaringan 2G atau kita bisa matikan jaringan datanya. Ini juga bisa menghemat paket kuota data kita jika kita menggunakannya.



3.      Aktifkan Airplane Mode

Tidak hanya sedang di pesawat kita mengaktifkan airplane mode. Tidak ada salahnya kita mengaktifkan Airplane Mode dikala kita sedang sibuk dan memungkinkan kalau HH anda sama sekali tidak digunakan.



4.      Matikan Fitur Live Wallpaper

Memang Live Wallpaper itu sangatlah menarik dan menambah estetika HH anda. Tapi tidak disangka fitur itu menguras banyak sekali batrei anda. Jadi alternatifnya gunakan wallpaper mode biasa saja, dan pilihlah wallpaper yang menarik sehingga tidak kalah cantik dengan Live Wallpaper.

5.      Matikan fitur Getar (Vibrate)

Fitur getar (vibrate) terkadang sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang berkendara, rapat, atau tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan "silent". Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa.

6.      Matikan Aplikasi Latar belakang

Aplikasi yang selalu berjalan dan selalu update setiap waktu akan sangat menguras batrei anda, seperti Notif Facebook, Notif twitter, dll. Maka gunakanlah beberapa aplikasi realtime yang benar-benar penting.



7.      Tutup  aplikasi yang tidak penting

Aplikasi banyak yang berjalan di background, maka tutuplah aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan



8.      Matikan Fitur Sync jika tidak diperlukan



9.      Kurangi Volume Dering



10.  Redupkan Kecerahan layar



11.  Pilih tema launcher dengan warna yang gelap



12.  Gunakan sedikit layar Homescreen pada launcher



13.  Gunakan Widget yang memang benar-benar diperlukan



14.  Taruh ponsel di area yang dimana sinyal dapat diterima dengan baik

Sinyal radio seperti 3G ataupun HSDPA itu selalu ada dimana saja tetapi ada kalanya kita harus memperhatikan Smartphone kita disimpan ditempat yang mempunyai sinyal yang baik. Jika disimpan di tempat yang susah sinyal maka Android Anda akan mencari sinyal dan mengakibatkan terkurasnya baterai Smartphone Android Anda.


15.  Gunakan Aplikasi pembantu menghemat batrei android

Seperti DU Baterry Saver, Go Power Saver dan lain-lain.

Copyright @ 2013 Android is My Style . Designed by Templateism | MyBloggerLab

Cari Blog Ini

Pengikut

Follow Me on Social Media