Pengertian BootLoop dan Cara Mengatasinya

Jumat, 31 Januari 2014


Hape android anda tidak bisa Startup dengan sempurna? tidak bisa masuk ke Menu Home, tetapi malah kembali ke state awal seperti melakukan startup ulang ? berarti kendalanya itu Hape anda sedang BOOTLOOP.
Bootloop secara umum disebabkan oleh file sistem yang terganggu atau saling mengganggu satu sama lain, maka terjadilah crash saat proses boot, sehingga perangkat Android tidak bisa booting dengan normal dan akan boot terus menerus.

Sebelum kalian ingin mengatasi Bootloop, lebih baiknya agan2 semua mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

  1. Android Light Bootloop : Ini merupakan BootLoop android yang paling mudah diperbaiki. Light Loop biasanya terjadi pada penggunan android secara normal dan biasanya disebabkan ketika kita bermain game berat atau instal aplikasi dan kemudian otomatis restart sendiri dan tidak bisa masuk ke Home. Dan agan2 yakin kalo sebelumnya tidak mengoprek apapun android anda. Jadi cara mengatasinya : Copot batrei anda, kemudian, nyalakan hape anda lagi.
  2. Android Medium Bootloop : ini terjadi karena pengguna android mencoba untuk mengutak-atik androidnya. Medium Bootloop merupakan kerusakan yang menengah, karena HH masih bisa masuk ke dalam recovery mode. Jadi cara mengatasinya : Dibutuhkan PC Windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original maupun CWM. Cara tersebut bisa digunakan apabila sebelumnya telah pernah membackup HH. Bagi yang belum pernah melakukan backup, maka memerlukan file recovery dari HH lain dengan type android yang sama.
  3. Android Hard Bootloop : merupakan tingkatan Bootloop yang paling berbahaya. Ini terjadi karena pengguna android melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting dan hanya bisa booting sampai logo android kita. Biasanya terjadi pada pengguna yang melakukan rooting, melakukan modifikasi script misalnya mengubah partisi external, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan system, salah menginstal custom rom. Untuk tingkatan ini HH tidak bisa masuk ke recovery mode. Cara mengatasinya : dengan menggunakan aplikasi yang tepat dan cara flashing yang tepat karena setiap smartphone memiliki hardware dan jenis chipset yang berbeda.

Berikut adalah beberapa masalah yang menjadi penyebab terjadinya bootloop :

1. Setelah menginstal Official Firmware dengan Tool pihak ketiga (Odin, dll) 


·         Copot Baterai kemudian pasang kembali setelah beberapa menit. Jika baterai tidak dapat dilepas (onboard), cukup matikan perangkat selama 5 menit
·         Masuk ke Recovery Mode dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu yang sesuai dengan tipe dan merk perangkat anda. Untuk Samsung tekan tombol Volume Up + Home + Power, untuk HTC tap tombol Volume Down dan tombol power untuk masuk ke HBOOT, lalu pilih ‘Recovery Mode’.
·         Dalam Recoveri Mode, pilih Wipe Data/Factory Reset. Lalu lakukan proses Wipe Cache Partition
·         Setelah selesai kembali ke menu awal Recovery mode, kemudian pilih opsi ‘reboot system now’.

2. Setelah Flashing atau menginstal Custom ROM

·         Langkah pertama copot baterai lalu pasang kembali (seperti langkah 1 sebelumnya)
·         Tekan dan tahan tombol Volume Up, tombol Home dan Power untuk masuk ke CWM Recovery . NOTE : Perangkat dengan merk dan jenis tertentu mungkin memerlukan kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke CWM Recovery
·         Dalam Recovery menu, pilih Advanced option, dan pilih Wipe Dalvic Cache, masuk ke menu Mounts & Storage lalu Lakukan proses Wipe/Cache
·         Reboot perangkat anda, jika masih tetap bootloop ulangi 3 langkah sebelumnya, namun lakukan proses Wipe/Data dan Wipe/Cache dalam Mounts & Storage sebelum reboot.

3. Bootloop karena salah seting permission

Bootloop error bisa disebabkan karena kesalahan dalam seting file permission. Jika anda sedang mengalami masalah ini maka ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi bootloop.
·         644 (RW-R-R) – Ini adalah file permission yang paling umum. kemungkinan terbesar dapat ditemukan di /system/framework/system/app, /system/etc, /system/lib.
·         755 (RWX-RX-RX) – system permission kedua ini sebagian besar digunakan di /system/bin.
Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki file permission
·         Boot perangkat Android anda ke TWRP atau CWM Recovery.
·         Masuk ke menu Advanced, lalu tap pilihan ‘Fix Permission’. Confirm

Comments

One Comment

RSS
  1. aslm
    mas ace duos saya salah permission pas lagi paste font unicode ke folder sistem/font... jadi boot loop... mohon pencerahan.

    BalasHapus

Copyright @ 2013 Android is My Style . Designed by Templateism | MyBloggerLab

Cari Blog Ini

Pengikut

Follow Me on Social Media